Sunday, March 7, 2010

Tranver Uang dari Maroko via Western Union

ad+1

Sudah lama sebenarnya ingin bisa mengupdate terus isi blog ini, ya walaupun sangat sederhana tapi semoga bisa sharing terus knowledge kita. tidak terlalu muluk-muluk sich isi blog ni, cuma saja sedikit pengalaman dan knowledge yang bisa saya torehkan dalam bentuk tulisan. eem kok jadi curhat ya? jadi nggak enak..ok kita mulai ja acara blog ria kita malam ni.

Mungkin pernah terdetik di benak kita gimana ya caranya kirim uang dengan menggunakan jasa layanan western union yang pastinya kita dah pada tau apa tu western union, hanya saja kita sekedar tau atau dengar dari telinga ke telinga saja. mungkin sedikit saya gambarkan tentang pa tu western union secara sederhana. ia adalah layanan jasa transfer uang baik lokal, nasional atau internasional lebih cepat dari pos tanpa harus membuat rekening di bank. akan tetapi bagi anda yang ingin mencoba menggunakan layanan ini akan diminta untuk mengisi formulir pengiriman.



Artikel ini saya kushuskan bagi teman-teman yang sekarang di Maroko yang sedang menempuh program studi jenjang tinggi. kenapa saya hanya khususkan untuk Maroko? karena sesuai dengan pengalaman saya menggunakan layanan ini. ya itung ja sekedar sharing biasa. he.he.he

Ok. bagi teman yang ingin mengirim uang dengan layanan western union di Maroko, sebaiknya sebelum pergi ke Post Maghrib untuk mengisi formulir pengiriman, anda pergi dahulu ke Maktab Shorf untuk meminta surat izin pengiriman uang. Mungkin sudah menjadi hukum peraturan di negara ini, bagi setiap orang yang ingin melakukan transaksi keuangan secara internasional untuk membuat surat izin dari lembaga ini. Maktab Shorf adalah lembaga nasional yang didirikan untuk mengatur sirkulasi keuangan.

Untuk lebih singkatnya, saya sarankan untuk mempersiapkan beberapa hal berikut:

1. sebelum meminta surat izin dari lembaga Maktab shorf yang terletak dekat Markaz Syurthat Rabat, sebaiknya menydiakan foto copy Bithaqah Iqamah (KTP) terlegalisir dari muqotha`ah terdekat dan photo copy KTP orang yang akan dikirim.

2. kemudian serahkan berkas anda di maktab no. 9 kepada Sayid Ibrahim dan meminta formulir surat izin.

3. setelah mendapat formulir tersebut anda disuruh mengisi, perlu diingat formulir menggunakan bahasa Francis, apabila anda tidak atau kurang faham bahasa francis, bisa anda meminta bantuan ke Maktab Irsyat, disana anda akan dibantu mengisi formulir.

4. nah setelah selesai mengisi formulir, anda akan diminta untuk memfoto copy formulir tersebut sebanyak 2 lembar, dan menyerahkannya di maktab no. 9 ke Sayid Ibrahim. hueh.. sabar yach.. mungkin memang sedikit ribet tapi insyallah mudah kok.

5. kemudian naik ke lantai lima, dan tunggu di maktab no. 508 bersama Sayidah Hasaniah, nah disini anda akan diminta untuk mengisi buku hadir dengan mengisi nama, alamat dan tanda tangan. nah selesai dech..

alhamdulillah sekarang dah dapat surat izinnya tinggal anda pergi ke Post Maghrib (dekat parlemen). kemudian silahkan isi formulir pengiriman dan membayar uang sebesar 150 Dh untuk sekali pengiriman. jangan lupa bawa KTP yach..

ehem.. mungkin ini dulu yang bisa saya share malam ni, smoga bermanfaat bagi kawan-kawan yang ingin mencari pengalaman baru.. selamat mengirim dan menggunakan layanan western union, semoga uangnya cepet nyampe rumah.. e.he.hehe :)

2 comments:

Home About-us Privacy Policy Contact-us Services
Copyright © 2014 kite | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates