Sunday, February 21, 2010

Jasamu selalu ku kenang

ad+1

Pondok Modern Arrisalah adalah sebuah Pondok yang terletak di Desa Gundik, Kec Slahung, Kab Ponorogo. Berdiri pada tahun 82 yang diresmikan oleh Kh. Zarkasyi salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor dengan nama "Madinatu al-Thullab" (Kota Santri). Salah satu Pondok Pesantren yang mencetak kader-kader Islami yang tersebar di seluruh penjuru Indonesia yang insyallah siap terjun ke masyarakat untuk memperjuangkan agama Allah swt dengan ikhlas karena mengharap ridhaNya.

Pondok Modern Arrisalah berhasil mendidik para santri-santrinya sehingga dapat meneruskan program studinya baik di dalam atau di luar negeri. Mulai dari Timur tengah hingga ke belahan benua Eropa. Betapa besar jasamu oh Pondokku..

Mengenang masa lalu memang susah dilupakan, baik senang dan sedih selalu menyelimuti kehidupan. Bukan berarti selama hidup dalam kesedihan. Semua yang ada di dunia ini diciptakan dengan seling berpasang-pasang. Ada senang ada susah, ada tawa ada tangis, ada malam ada siang. Inilah yang membuat kehidupan lebih hidup, berwarna dan selalu terkenang.

Oh Pondokku tempat naung kita, dari kecil sehingga dewasa
Rasa bakti damai dan sentosa, dilindungi Allah ta'ala
Oh Pondokku engkau berjasa, pada ibuku Indonesia
Tiap pagi dan petang, kita beramai sembahyang
Mengabdi pada Allah ta'ala di dalam kalbu kita
Wahai Pondok tempatku laksana ibu kandungku (dan seterusnya)
Sungguh sangat besar jasamu oh pondokku, jikalau semua itu bisa terlihat oleh mata maka tak akan cukup dituliskan diatas kertas sehari semalam. Puji syukur kupanjatkan kepada Allah swt. yang telah menunjukkan aku suatu lembaga pendidikan yang sangat berjasa bagi kehidupanku. Masih selalu teniang dalam benak pikiranku, masih terlihat lekat dalam hafalanku, sebuah mahfudot pertama yang diajarkan oleh Ust: "Man jadda wa jada" He who strugle he will get it (barang siapa yang bersungguh-sungguh maka dapatlah ia). Dulu aku belum berpikir panjang kedepan apa manfaat dari menghafal pelajaran mahfudot. yang penting ketika disuruh ma Ust ya dah laksain ja toh nanti juga da manfaatnya.

Dulu kita sama-sama tidak tahu bahasa Arab dan Inggris. Jangankan berbicara dengan bahasa Arab dan Inggris, baca ja nggak bisa gimana mo berbicara?.. huuuhhh. tapi alhamdulillah dengan pendidikan, tempaan, gemblengan dari Mudabbir, Ustad dan motifasi dari keluarga, teman dan Kyai. semua bisa dilalui dengan penuh hikmah dan ibrah.

Sungguh pondok pesantren adalah suatu lembanga pendidikan yang mempraktekkan pendidikan dhahiriah dan bathiniah secara bersamaan dengan menerapkan pendidikan 24 jam. Siang dan malam kita selalu mendapatkan pendidikan agama. walaupun itu tidak berwujud pendidikan formal. Tetapi dalam kehidupan sehari-hari kita selalu mempraktekan muamalah kehidupan yang islami.
Sekarang semua tinggal kenangan, semua pendidikan yang telah kita rasakan telah membekas terpatri dalam hati sanubari. semoga ini dapat terus tertananm dalam jiwa selama mengarungi bahtera kehidupan ini. seperti kata bijak yang mengatakan bahwa hari kemaren adalah kenangan, hari ini adalah gambaran hari esok, dan hari esok adalah impian dan angan-angan yang akan kita capai.
tentu dalam segala aktifitas kita akan menemukan berbagai macam cobaan, dan masalah. setiap manusia pasti akan mempunyai masalah. akan tetapi kita bagaimana kita menghadapi masalah itu sehingga menemukan jalan keluarnya. bukan lari dari masalah. seringkali kita temukan, sekian banyak masalah yang kita hadapi harus menemukan jalan keluarnya. dan salah satu untuk mencari jalan keluarnya adalah mengambil pelajaran (ibrah) dari pengalaman yang pernah kita rasakan. "The experience is the best teacher" (pengalaman adalah guru yang terbaik) sepatah kalimat ini yang sering kita dengar. jangan sampai pengalaman yang pahit akan terulang kembali.
Untuk sahabat-sahabatku yang sekarang sedang disibukkan dengan berbagai aktifitas sehari-harinya. kita saling mengingatkan bahwa sepahit dan semanis apapun pengalaman kita selama di ma'had, itulah pengalaman yang sangat berharga. pengalaman hidup yang penuh warna-warni. ada tawa, canda, senang, sedih bersama. sampai kena iqobpun selalu bersama.
Akhirnya, Pondok Pesantren adalah lembaga pendidikan yang sangat berperan terhadap perkembangan pendidikan. yang siap mencetak insan islami, maka berterima kasihlah kepada pondok yang telah lama mendidikmu mulai dari nol hingga menjadi kamu menjadi insan yang islami. walaupun sekarang antum sudah tidak lagi berada di ma'had tapi ruh antum hendaknya masih berada disana.

0 comments:

Post a Comment

Home About-us Privacy Policy Contact-us Services
Copyright © 2014 kite | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates