Sunday, February 7, 2010

Hidup adalah Perubahan

ad+1

Manusia memang diciptakan untuk selalu bergerak, karena pergerakan menandakan akan sebuah kehidupan. hidup yang selalu bergerak dinamis akan menimbulkan berbagai macam perubahan, karena perubahan itu adalah wujud dari suatu pergerakan. 

Sebuah gerakan akan menjadi besar apabila dimulai dari langkah pertama, seorang yang akan bepergian jauh pasti akan mengayungkan kakinya untuk melangkah, begitu halnya dengan orang yang ingin maju merubah kehidupannya menjadi lebih baik dari sekarang hendaknya harus memulai perubahan dengan wujud suatu usaha pergerakan menuju yang lebih baik, akan tetapi sayangnya suatu permulaan itu nampak sangat susah dan berat, karena merubah kebiasan yang lama menuju kebiasaan yang baru. 

Merubah hidup menuju yang lebih baik sangatlah susah dan berat, akan tetapi setelah berjalan begitu lama akan terasa mudah dan ringan. begitulah cobaan bagi orang yang akan merubah kehidupannya menjadi lebih baik. tak sedikit orang yang sukses bermula dari orang yang gagal, karena dorongan dirinya yang kuat untuk bisa merubah hidupnya maka ia berusaha sekuat tenaga untuk mampu meninggal kebiasaan lamanya dan mengganti dengan kebiasaan-kebiasaan yang akan menuntun dia menuju masa depannya yang lebih cerah.

Semua perubahan harus dimulai dari sedini mungkin, karena lebih cepat kita memulai maka lebih cepat juga kita menggapai "start from now, and never leave till tomorrow". sepenggal kata ini yang harus kita tanamkan dalam benak pikiran kita. karena orang yang menunda-nunda pekerjaanya sampai besok bertanda orang yang malas dan enggan untuk melakukan perubahan, kebiasaan yang menunda-nunda sebuah kegiatan adalah awal dari suatu kegagalan. "Rajin pangkal pandai, malas pangkal bodoh".

Sesungguhnya perubahan itu akan timbul karena ada kemauan dan kesadaran diri sendiri, nah biasanya orang itu akan sadar dikala ia berada dalam kesempitan atau dalam keadaan yang sangat menghimpitnya. banyak orang yang sadar atas pentingnya waktu dikala ia tertekan untuk menyelesaikan tugas-tugasnya yang menumpuk akibat menunda-nunda pekerjaan. begitu juga terasa akan mahalnya waktu ketika kita menghadapi ujian sedangkan kita belum siap dengan materi kita untuk mengikuti ujian itu. jauh abad yang lalu alqur'an telah sering kali mengingatkan kita akan pentingnya menejemen waktu, dalam surat al-'ashri Allah swt. berfirman yang artinya: "Demi masa, sesungguhnya manusia benar-benar berada dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan saling nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran"..

Maka demikianlah, sesungguhnya perubahan itu akan membawa dampak yang besar terhadap kehidupan kita menuju yang lebih baik dan lebih dinamis. seorang alim berpesan kepada para santrinya "Hidup adalah perubahan, tandanya hidup harus ada perubahan, tanpa berubahan berarti mati dalam kehidupan". inilah sebuah sugesti yang mendorong kita untuk hidup dinamis agar tidak mati dalam kehidupan. alqur'an juga mengingatkan kita bahwa Allah tidak akan merubah nasib sebuah kaum sampai kaum itu mau melakukan perubahan. "Innallaha la yughoiru ma biqoumin hatta yughoyiru ma bianfusihim".. wallahua'lam bisshawab.

0 comments:

Post a Comment

Home About-us Privacy Policy Contact-us Services
Copyright © 2014 kite | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates