Wednesday, April 3, 2013

Konflik Timur Tengah

ad+1


Judul buku                : Konflik Timur Tengah Aktor, Isu dan Dimensi Konflik
Penulis                      : Dr. Ibnu Burdah, MA
Penerbit                     : Tiara Wacana
Cetakan                     : Pertama, November 2008
Tebal Halaman         : 126 Hlm
Jumlah bab               : 3 Bab
Ukuran buku            : 21 Cm


Perbedaan dan perselisihan dalam dunia perpolitikan adalah suatu yang wajar, karena pada dasarnya politik mengajarkan penganutnya etika menghadapi perbedaan persepsi dalam suatu persoalan, namun tidak selamanya suatu persoalan tersebut dapat diselesaikan dengan jalan politik tergantung jenis dan kadarnya, termasuk persoalan yang menyangkut kemaslahatan bersama khususnya dalam menjaga kestabilan sebuah Negara.

Persoalan tidak selamanya berhujung pada titik temu solusi, justru sebaliknya, sebuah persoalan kerap kali berdampak pada munculnya konflik, mungkin begitu juga terjadi pada Dunia Timur Tengah.

Dalam buku ini penulis mengurai persoalan Konflik Timur Tengah melalui tiga variabel dominan, yakni dari aktor yang terlibat, isu yang berkembang, serta dari dimensi konflik yang ada di dalamnya.

Tiga variable tersebut sebagai key word untuk memahami dan menelusuri pokok permasalahan yang memicu konflik di Timur Tengah. Oleh karenanya dengan key word tersebut penulis mengajak para pembaca untuk mengikuti peta persoalan konflik Timur Tengah melalui tiga pembahasan yang ditulisnya.

Pada bab pertama disebutkan poros konflik yang paling krusial, yaitu permasalahan antara Negara-negara Arab dengan Israel yang kian memanjang dan semakin kompleks bak “benang ruwet” sangat susah untuk diurai.

Pada bab kedua dikemukakan konflik di antara Negara-negara Arab yang ikut mewarnai kawasan Timur Tengah. Sedangkan konflik yang lebih spesifik lagi, yakni konflik internal Palestina terutama antara dua partai terkemuka yaitu Hamas dan Fatah yang kian memanas walaupun kondisi palestina sendiri dalam keadaan akut, semua dipaparkan secara khusus pada bab tiga.

Buku ini berisikan fakta lapangan dengan diperkuat bukti-bukti akurat dan ilmiah dari berbagai referensi, dengan demikian buku ini tergolong karya ilmiah hasil riset penulis yang langsung bergelut dan terjun ke dunia konflik.

Selain dari pada itu, buku ini diwarnai dengan beberapa istilah-istilah asing baik diambil dari bahasa Inggris, Arab dan Jawa, sehingga menuntut para pembaca untuk mengetahui istilah-istilah tersebut dalam menangkap informasi secara utuh.

Penjelasan yang detail mengenai sumber konflik dan pertumbuhannya menjadi ciri khas penulis dalam buku ini, penulis berusaha mengungkap realita politik yang memicu konflik dan mencoba untuk memberikan solusi dari permasalahan yang ada.

Dengan pembahasan mengenai konflik yang berakar dari kekejaman politik maka buku ini tergolong berat, dengan demikian buku ini lebih tepat bagi kalangan terpelajar yang menekuni bidang ini. Khususnya para mahasiswa yang menggandruni pergerakan perpolitikan Internasional.

Selayaknya karya ilmiah yang lain, disamping berbagai kelebihan yang dimiliki, buku ini tidak lepas dari kesalahan dan kekurangan, khususnya kesalahan tulis sehingga mempengaruhi kenyamanan pembaca ketika terhipnotis oleh alur pembahasan penulis.
Dan pada akhirnya, buku ini sangat berharga bagi kita untuk mengetahui peta konflik dari pertama munculnya hingga pergerakannya. Demikian dan selamat membaca.


Ditulis oleh,
Habib Chairul Musta’in. 

0 comments:

Post a Comment

Home About-us Privacy Policy Contact-us Services
Copyright © 2014 kite | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates