Wednesday, April 25, 2012

Kriteria Pemimpin Idaman (Akhir)

ad+1

2. Amanah
Rasulallah dijuluki sebagai Al-Amin yang berarti dapat dipercaya, karena dalam setiap tutur katanya beliau selalu jujur, dan apabila diberi amanah beliau selalu bisa menjaganya. Amanah terlahir karena kejujuran, orang yang jujur pasti amanah, karena amanah adalah buah dari jujur. Amanah dalam artian dapat menjaga apa yang dipercayakan kepadanya baik berbentuk harta, kesempatan, waktu dan kepercayaan. 

Apabila para pemimpin kita sadar akan penting sifat amanah pasti mereka tidak akan ada yang korup, memakan hak rakyat, menggunakan aset negara di luar kepentingan negara, karena pada dasarnya jabatan yang mereka sandang itu adalah amanah, amanah yang berbentuk kesempatan, kesempatan untuk memimpin sebuah negara untuk menuju kesejahteraan dan kemakmuran. Kalau ruh amanah sudah hilang dari jiwa mereka ya beginilah adanya. 

3. Tabligh 
Rasulullah diberikan sifat ini supaya beliau menyampaikan wahyu Allah kepada semua umatnya, tanpa ada kekurang dan kelebihan, karena sifat tabligh akan berakibat fatal kalau tidak didasari dengan dua sifat sebelumnya.

Tabligh yang berarti menyampaikan, dapat kita artikan menyampaikan aspirasi masyarakat, karena pada hakikatnya pemimpin itu adalah penyambung lidah, perantara suara masyarakat, pembawa misi masyarakat, bukan sebaliknya.

4. Fathanah (cerdas)
Dari ketiga sifat di atas seseorang  belumlah cukup untuk bisa menjadi pemimpin, karena orang yang jujur, amanah dan mampu menyampaikan tanpa kepadaian pasti akan susah untuk memecahkan problem yang akan ia hadapi dalam memimpin sebuah negara. 

Seorang pemimpin harus cerdas, pandai, tangkas, ulet dan lincah. Karena di pundaknya amanah, di tangannya keputusan dan di pikirannya terdapat ribuan masalah. Jikalau pemimpin tidak cerdas bagaimana mungkin ia akan bisa menyelesaikan solusi. Menjadi pemimpin untuk menyelesaikan masalah bukan menjadi masalah. 

Makanya jangan salahkan kalau negara ini makin terpuruk akibat para pemegang keputusan dari orang-orang yang tidak cerdas, banyak kursi DPR yang duduki oleh orang-orang yang tidak berpendidikan, justru mereka yang pintar tidak mendapat perhatian dari negara, akibatnya banyak para ilmuan Indonesia yang pada kabur ke negara asing untuk bisa mengembangkan dan mengamalkan ilmunya. 

Apabila seseorang sudah memiliki 4 sifat tersebut, insyallah ia akan mampu untuk menjadi pemimpin, pemimpin yang dapat memperjuangkan rakyatnya, pemimpin yang membawa kemajuan negaranya, pemimpin yang selamat di dunia dan akhirat. 

Tulisan ini, hanya sebatas uneg-uneg dan suara batin pribadi yang selalu mengharapkan pemimpin seperti yang dicontohkan Rasullah Saw, karena sangat prihatin dengan kondisi negara kami, yang kian hari kian kacau, bak benang ruwet, sudah ruwet ditambah ruwet jadi tambah ruwet. Kalo dah kek gini mo diapain benangnya, mo dipakai jahit jelek dan diperbaikin susah, yang ada tinggal dibuang ke tong sampah.. he.he.he 
Wallahu a'lam. 

0 comments:

Post a Comment

Home About-us Privacy Policy Contact-us Services
Copyright © 2014 kite | All Rights Reserved. Design By Templateclue - Published By Gooyaabi Templates